Posted by : Unknown Tuesday 18 December 2012

Manfaatnya dapat menentukan banyaknya ruang sampel pada suatu kejadian tertentu. Kemudian untuk memodelkan masalah-masalah nyata yang dihadapi memerlukan pengetahuan ini, terutama untuk memodelkan masalah tersebut secara matematis untuk kemudian di tentukan penyelesaiannya. Di dalam aplikasi nya kita bisa membuat aplikasi atau menganalisis suatu peluang/kesempatan dengan memanfaatkan rumus permutasi atau kombinasi. Pada abad informasi sekarang dan masa mendatang peranan ini akan semakin dirasakan terutama dalam menganalisis dan menginterpretasikan data dari pengamatan untuk diolah menjadi informasi yang berguna bagi pengambilan keputusan.

Manfaat Lainnya Permutasi dan Kombinasi dalam ilmu komputer yaitu :

1. Permutasi dan kombinasi dapat mencari persamaan logika yang rasional yang dapat di terjemahkan ke dalam komputer melalui bahasa pemrograman.

2. Komputer dapat melakukan perhitungan logika rasional sistematis secara cepat dan tepat.
Keterbatasan komputer dapat diatasi dengan logika matematis, sedangkan persoalan matematis dapat di komputerisasikan layaknya menghitung banyaknya pasir dalam timbangan. Permutasi dan kombinasi merupakan cabang dari Matematika diskrit yang merupakan dasar untuk bidang ilmu komputer atau informatika.

3. Penggunaan Permutasi di bidang Enkripsi (Computer Security)

Algoritma Rijndael :

Algoritma Rijndael menggunakan substitusi, permutasi, dan sejumlah putaran yang dikenakan pada tiap blok yang akan dienkripsi/dekripsi. Untuk setiap putarannya, Rijndael menggunakan kunci yang berbeda. Kunci setiap putaran disebut round key. Tetapi tidak seperti DES yang berorientasi bit,Rijndael beroperasi dalam orientasi byte sehingga memungkinkan untuk implementasi algoritma yang efisien ke dalam software dan hardware. Ukuran blok untuk algoritma Rijndael adalah 128 bit (16 byte). 

Algoritma Serpent

Algoritma Serpent terdiri dari beberapa tahapan. Initial permutation IP. Putaran transformasi sebanyak 32 putaran yang pada tiap putarannya dilakukan operasi key mixing, subtitusi dengan S-box pada tiap putaran kecuali putaran terakhir dan transformasi linear dimana transformasi ini akan digantikan dengan operasi key mixing pada putaran terakhir. Dan terakhir adalah permutasi kembali IP-1. Cipherteks membutuhkan 132 kunci dengan panjang 32 bit yang diperoleh dari 256 bit kunci dari pengguna sehingga menghasilkan prekey sejumlah 132. 


Kunjungi Link Blog :
http://kkpi.blogspot.com/
http://dikdik-dick.blogspot.com/
http://diaarthedoctor.blogspot.com/
http://rinaldi27number.blogspot.com/
http://hiramaru-kingdom.blogspot.com/
http://galeriku-mygaleri.blogspot.com/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Ighi Katagiri. Powered by Blogger.

Followers

- Copyright © KATAGIRI -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -